LEGENDA MATAHARI DAN PEMANAH ULUNG


Konon pada zaman purba matahari ada sepuluh buah, makanya suhu bumi panas luar biasa, ada seorang ksatria ahli memanah bernama Hou Yi . Ia menolong umat manusia yang kepanasan, dengan memanah jatuh sembilan buah matahari, disisakan satu buah untuk kehidupan manusia. Atas jasanya tersebut ia diangkat menjadi raja, tetapi disayangkan bahwa ia menjadi raja yang kejam dan zalim. Sebagai raja ia belum menemukan gadis yang disukai sebagai permaisuri.


Pada suatu malam ia bertemu dengan dewa pengatur jodoh. Raja ini menanyakan jodohnya, maka dewa itu mengatakan pernikahannya masih lama, karena jodohnya masih anak-anak. Orang tua itu, lalu memperlihatkan di atas awan beberapa anak-anak kecil sedang bermain . Salah satu di antaranya adalah istri raja, raja marah sekali karena dianggap sebagai penghinaan, maka ia mengambil panah dan memanah anak tersebut. Karena kesaktiannya anak panah itu terkena pada sasaran, untungnya jiwa anak tersebut bisa tertolong dan tidak menyebabkan kematian.


Lebih dari sepuluh tahun kemudian raja menikah, setelah perkawinan berlangsung permaisuri yang bernama Chang O (Chang E) sering mengalami sakit pada bagian dada, rupanya akibat luka panah sewaktu masih kecil. Permaisuri akhirnya mengetahui bahwa suaminya yang memanahnya, dengan pertimbangan bahwa suaminya sebagai raja yang kejam dan zalim serta tidak bisa memperbaiki diri, maka ia lalu memakan obat dewa, tubuhnya menjadi ringan dan melayang ke bulan dan bermukim di bulan. Legenda ini sering disebut Chang E Ben Yue artinya Chang O memuja bulan.


Dengan kepergian permaisuri ke bulan, raja menyesal akan perbuatannya dan ia bertobat menjadi orang baik dan melepaskan diri sebagai raja. Atas kesungguhannya,oleh dewa ia ditempatkan di matahari, maka secara bergantian matahari dan bulan menerangi bumi.


SELESAI...

Amanat dari cerita ini adalah Orang yang menyembunyikan perbutan yang jahat lama kelamaan akan ketahuan juga..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM - MACAM BENTUK PANGGUNG PERTUNJUKAN

CONTOH SOAL LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI METODE FIFO (JIKA ADA BARANG YANG RUSAK/HILANG)

Jiang Shi (Vampire China)