Perangkat Keras Komputer

Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras merupakan perangkat-perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat, sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah komputer.
Pada kesempatan ini saya akan mejelaskan perangkat keras pada komputer.


1. Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau juga sering disebut microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung kepada kinerja dari CPU-nya.

CPU mempunyai 2 bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya, yaitu:
  1. Arithmetical Logical Unit (ALU), berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan-perhitungan matematika.
  2. Control Unit (CU), berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer.
Kecepatan kinerja sebuah CPU diukur dengan satuan hertz (Hz). Saat ini CPU yang digunakan di komputer-komputer sudah mencapai kecepatan gigahertz (1 gigahertz = 1.000.000.000 hertz). Semakin tinggi kecepatan sebuah CPU, semakin bagus kinerja nya, harganya juga semakin mahal.


2. Memori 
Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor.

Memori terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  1. Memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory), yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan.
  2. Memori eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory), yang berfungsi untuk menyimpan perintah dan data secara tetap.

3. Monitor



Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun teks.

Fungsi monitor secara umum, yaitu berfungsi untuk mengubah sinyal video dari PC yang masih berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang selanjutnya melalui beberapa proses sampai akhirnya dapat di tampilkan di layar monitor dan dapat kita lihat.

Monitor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

      1.Monitor tabung (CRT).
Kelebihan monitor ini adalah harganya yang relatif murah,sedangkan kekurangannya adalah bentuknya yang besar dan boros listrik.

      2.Monitor LCD.
Kelebihan monitor ini adalah bentuknya ramping dan hemat listrik, sedangkan kekurangannya adalah harganya yang relatif lebih mahal.


4. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer. Dengan menggunakan mouse, kita dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file


5. Keyboard

Keyboard merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keyboard ada yang standar dan extended. Perbedaannya terdapat pada jumlah tombolnya dimana keyboard standar mempunyai 88 tombol, sedangkan keyboard extended mempunyai tombol lebih banyak. Kedua keyboard tersebit mempunyai kemampuan yang sama.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM - MACAM BENTUK PANGGUNG PERTUNJUKAN

CONTOH SOAL LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI METODE FIFO (JIKA ADA BARANG YANG RUSAK/HILANG)

Jiang Shi (Vampire China)