Sejarah Sepeda Ontel Simplex dan Gazele
Tahun 1887 : pabriknya didirikan di Utrecht
Stationdwarsstraat (di Jalan Stasiun) dengan nama “Simplex Automatic Machine
Company”.
Pendirinya seorang berkebangsaan Inggris, Charles Bingham.
Tahun 1890 : Simplex memulai produksi sepedanya secara lengkap / utuh.
Piet Leeuwenberg dari Dekft pendirinya dan Charles Bingham masuk menjadi dewan
direksinya tahun 1893. Keluarga Leeuwenberg menjadi wakil direksinya sampai
tahun 1954.
Produksi sepeda Simplex pada tahun1896 telah mencapai 5000 buah sepeda setelah
pindah tempat di Overtoom, Amsterdam. Tahun inilah Simplex mendapatkan status
sebagai pabrik sepeda terbesar di Amsterdam.
Tahun 1899 : pabrik sepeda ini bernama NV Simplex, pabrik mesin, sepeda, dan
motor.
Tahun 1908 : Simplex meluncurkan sebuah model sepeda roda tiga (khususnya untuk mengangkut orang sakit). Model ini secara tidak langsung untuk angkutan jarak
jauh.
Tahun 1939 : Simplex memperkenalkan sebuah sepeda alumunium dengan berat 12 kg.
Produksi terhenti akibat perang antara tahun 1943 akhir tahun 1945.
Tahun 1952 : Simplex bergabung dengan Locomotief, dan sekitar tahun 1960 telah
menghasilkan 55.000 sepeda. Berarti telah memberikan kontriusi 10% dari
produksi sepeda di Belanda.
1892 : Willem Kolling, yang bekerja sebagai
agen kantor pos di sebuah desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan
diri dan memulai usaha dagang sepeda dengan memesan sebuah sepeda di Inggris.
Usaha dagangnya berkembang dengan sangat bagus. Kolling kemudian memulai kerja
sama dengan pengecer perangkat dari besi dan kompor Rudolf Arentzen dari
Dieren.
1902 : Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru di tempat
berdirinya pabrik yang sekarang dan memulai produksi sepeda. Dalam tahun yang
sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.
1903 : Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama,
namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Meskipun perdagangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari
perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, saudara Willem
Kolling.
1912 : Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan awal mereka,
dan dengan alat – alat permesinan yang modern dan spesialis, rencana produksi
sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya. Meraka memiliki spesialisasi dalam
pembuatan sepeda lengkap. Sementara itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle
menjadi semakin penting.
1915 : Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Van Breuking mengganti nama
perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling dalam
dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami pertumbuha yang
mantap. Permintaan dari outlet domestik serta permintaan internasional
meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar yang berkembang bagi
sepeda Gazelle di Indonesia yang pada saat itu menjadi salah satu koloni
Belanda. Disamping sepeda – sepeda standar, beberapa jenis sepeda bermotor,
delivery bicycles (sepeda antar) dan carier tricyles (sepeda muatan tiga roda)
diproduksi untuk berbagai sektor idustri.
1930 – 1931 : Spoiler for Gazelle memperkenalkan
model kerangka silang 9X dan 8V.
1931 : Sebagai variasi merek Invicta muncul
dalam katalog Gazelle, sementara itu merek Gelria juga diperkenalkan.
1935 : Gazelle memperkenalkan tandem pertama, yang sangat populer dalam tahun –
tahun sebelum Perang Dunia II. Pada tahun perkenalannya, 600 tandem segera
terjual.
1937 : Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12V dan didisain oleh
Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di Belanda. Diantara
mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka memproduksi 117 sepeda
jenis ini. Tetapi sepeda – sepeda jenis ini tidak pernah sangat populer.
Seperti bagi banyak perusahaan Belanda lainnya, perang merupakan masa yang
sulit bagi Gazelle. Sebagian besar mesin pabrik diongkar oleh tentara Jerman
yang menduduki dan diangkat ke Jerman. Mesin yang masih tersisa diledakkan
persis sebelum kedatangan Sekutu. Selain itu, pabrik Willem Kolling menderita
kerusakan hebat akibat perang.
Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle paska perang yang pertama tersedia, dan
pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan clip-on motor. Produksi carrier
bicycles (sepeda muatan beroda dua) dan carrier tricycles (sepeda muatan beroda
tiga) diteruskan.
1954 : Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan pribadi diubah
menjadi sebuah incorporation. Pada tahun yang sama, Gazelle membuat 1.000.000
sepeda.
1963 : Di awal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari
Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memnuhi harapan yang mendasari dan putus
sesudah dua tahun.
1964 : Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda pertama yang
memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai “Kwikstep”. Berbeda
dengan sepeda lipat umum lainnya, Kwikstep dilipat pada sumbu horizontal di
bawah siku – siku bawah (bottom bracket), tidak pada sumbu vertikal.
1966 : Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis modern yang
tidak begitu berat. Pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda Gazelle dibuat.
1968 : Gazelle mengambil alih merek juncker, Simplex dan Locomotie serta merek
moped terkenal Berini.
Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek
Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang, Gazelle juga memproduksi
three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan) dan (dalam
kebanyakan kasus) dengan rem tromol pada tahun enam puluhan. Sesudah membuat
sekitar 45.000 50.000 unit, produksi dihentikan di akhir tahun enam puluhan
karena biaya yang tinggi.
1971 : Gazelleh diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini
adalah “Gazelle Rijwielfabriek B.V”, sebuah perseroan terbatas swasta.
1987 : TI menjual divisi sepedanya kepada
Derby Cycles Corp. Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di New York ini
sekarang juga memiliki perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda
Sturmey-Archer serta merek – merek sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff, Rixe,
Winora, dan Staiger.
1992 : Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun yang sama,
produksi total kumulatifnya mencapai 8 juta unit.
1999 : Dibulan april, Gazelle mencapai tong-sejarah baru : 10 juta sepeda telah
dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang memperkerjakan 550 karyawan dan
menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda dalam setahun. Gazelle merupakan salah
satu dari sedikit perusahaan pembuat sepeda besar yang masih membuat sendiri
sebagian besar rangkanya 20% dari total produksi di ekspor ke Belgia dan
wilayah – wilayah Jerman yang berdekatan.
2001 : Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada daa investasi Belanda
‘Guide Buy Out Fund’. Gazelle berkembang bagus, tetapi Derby mengalami masalah
finansial yang serius. Produksi tahunannya adalah sekitar 380.000 unit,
sementara pangsa pasar Gazelle mencapai sekitar tiga puluh persen.
Sekarang ini, Gazelle diproduksi dalam jumlah besar dan dikenal sebagai sepeda
yang sangat nyaman dan tangguh Mercedes Benz-nya merek-merek sepeda Belanda.
(sepeda muatan Gazelle yang bisa dilipat(pertama kali dibuat pada tahun 1930).
KOtak muatannya bisa dilipat dan casisnya juga bisa diubah).
Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun pebuatannya dengan sangat mudah. Ada daftar
nomor rangka periode 1916 – 1950, yang beraal dari arsip-arsip Gazelle.
Gazelle menggunakan nomor kerangka langsung sampai tahun 1974, ketika sekitar
angka. Angka pertama mengacu kepada angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak
1981, Gazelle menggunakan nomor kerangka dengan tujuh angka.
Komentar
Posting Komentar