Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan dari Ceramah

A. Pengertian Ceramah

·     Ceramah merupakan kelompok berbicara satu arah; pembicara menyampaikan gagasannya kepada pihak lain dan tidak memerlukan reaksi sesaat dalam bentuk bicara yang berupa tanggapan atau respon.

·    Ceramah dapat dikategorikan sebagai metode komunikasi lisan yang paling tua. Meskipun demikian, hingga saat ini masih sering dipakai, baik dalam kegiatan-kegiatan belajar mengajar maupun dalam kegiatan-kegiatan komunikasi sosial lainnya.

      B. Kelebihan Ceramah

      1. Ceramah merupakan metode yang ’murah’ dan ’mudah’ untuk dilakukan. Murah dalam arti proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap, berbeda dengan metode yang lain seperti demonstrasi atau peragaan. Sedangkan mudah, memang ceramah hanya mengandalkan suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukan persiapan yang rumit.
      2. eramah dapat menyajikan materi/ informasi yang luas. Artinya, materi yang disampaikan banyak dapat dirangkum atau dijelaskan pokok-pokoknya oleh penceramah dalam waktu yang singkat.
      3. Ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya, penceramah dapat mengatur pokok-pokok materi yang mana yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
      4. Melalui ceramah, penceramah dapat kontrol penuh atas para pendengar termasuk mempengaruhinya.

      C. Kekurangan Ceramah
      
      1. Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme.
      2. Penceramah yang kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah sering dianggap sebagai metode yang membosankan. Sering terjadi, walau pun secara fisik pendengar yang ada di dalam sebuah ruangan, namun secara mental pendengar sama sekali tidak mengikuti jalannya proses pembelajaran; pikirannya melayang ke mana-mana, atau pendengar yang mengantuk, oleh karena gaya bertutur penceramah tidak menarik.
      3. Melalui ceramah, sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh penceramah sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum. Walaupun ketika pendengar diberi kesempatan untuk bertanya, dan tidak ada seorang pun yang bertanya, semua itu tidak menjamin pendengar seluruhnya sudah paham.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM - MACAM BENTUK PANGGUNG PERTUNJUKAN

CONTOH SOAL LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI METODE FIFO (JIKA ADA BARANG YANG RUSAK/HILANG)

Jiang Shi (Vampire China)